Selasa, 14 April 2020

Resume Menulis Artikel di Majalah Suara Guru PB PGRI












Majalah Suara Guru PB PGRI . Dr. Jejen Musfah, M.A
Pengantar :
Majalah Suara Guru PB PGRI email : majalah.suaraguru@gmail.com. Salam teman-teman guru se Indonesia
Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yg terjadi. Artinya opini tdk akan kehilangan topic. Kebijakan dan fakta pendidikn selalu hadir.
Tapi tidak semua berhasil menangkap momentum utk mnanggapi. Guru adalah praktisi
Majalah suara guru setua PGRI sendiri, sudah puluhan tahun. Tulisan bisa dimuat di online dan offline.
Cetak 5000 eksmplar, dibagikan ke hampir 34 provinsi. Rubriknya beragam Opini. Resensi. Sastra. Destinasi. Dll. Bagi yang akan kirim tulisan bisa kirim ke alamat email diatas. Syarat untuk bisa mengirim  artikel ke redaksi majalah guru yaitu dengan menyebutkan status dan foto, tulisannya bisa sesuai rubrik di atas, diutamakan bidang pendidikan, dan isu-isu yg hangat.
Sampai saat ini jujur saja. masih kekurangan naskah berkualitas. cenderung diterima dengan editing redaktur, naskah yang masuk juga minim.
Menulis dan mengirimkan tulisan di majalah suara guru PB PGRI tidak ada honornya. Sempat juga ada honor. Jika keuangan memadai ke depan akan dibayar
Kita boleh mengirimkan beberapa artikel ke majalah PGRI. tema tulisan yang paling disukai untuk dimuat di majalah PGRI tentang pendidikan mutakhir.
Untuk opini ada batasan  dalam berpendapat yaitu tidak mengandung syara dan untuk sastra bentuknya bisa berupa karya sastra bisa juga teori dari karya sastra. Aturan opini maksimal 1000 kata. Dalam mengirim artikel ke suara guru PGRI tidak dipungut biaya.
Artikel yang sudah dimuat baik secara online di website PGRI dan di majalah PGRI tidak boleh dikirimkan ke media cetak lain. Artikel yang dikirimkan ke majalah PGRI diutamakan  tema pendidikan. Untuk bisa melihat perjalanan majalah PGRI bisa dilihat Web SG di http://suaraguruonline.com/
Setelah naskah dikirim, perlu waktu dalam hitungan jam untuk terbit online, kalau majalah 2 bulan sekali terbit. Lalu dari mana kita bisa tau kalau naskah kita sudah diterbitkan ? yaitu dengan Lihat web atau dikirim link nya oleh tim
Ada Pertanyaan, bagaimana artikel itu bisa di katakan bagus? Jawabnya baca opini-baca di surat kabar nasional, intinya gagasan orisinil bukan plagiat.
Pertanyaan dari Sri Rahayu,Sabang : Apakah ada syarat khusus untuk penulisan artikel di majalah PGRI, misalnya jenis dan besar font, panjang naskah dll. Jawabnya : Tidak ada lalu bagaimana persyaratan sebuah artikel agar dapat dinilai dalam Dupak Guru utk kenaikan pangkat?.
Ini benar guru cukup susah naik pangkat. kalau opini masuk pengabdian, tapi kalo artikel ilmiah masuk di jurnal Ilmiah. Kalau sudah masuk jurnal pasti dinilai
Kiat-kiat agar kita mau dan mampu membuat artikel yaitu tuliskan jangan takut buruk, baca-baca opini di koran nasional atau detik.com. Penulis yg baik = pembaca yang baik
 Hasil penelitian pendidikan tidak bisa dimuat di suara guru atau majalah PGRI tapi bisa ke jurnal PGRI.
Jika  akan mengirimkan opini atau yang lain, bisa diirimkan ke majalah Suara Guru PB PGRI email : majalah.suaraguru@gmail.com.
Artikel yang sudah dimuat di suara guru online, dapat dimuat juga di majalah cetak.
Pengalaman istimewa dari bapak Jejen :
Sedih iya. karena tidak bisa bayar penulis, yang istimewa banyak yaitu kebersamaan dalam kesederhanaan atau kekurangan
Naskah yang  dimuat bisa mendapat surat bukti dari Suara Guru bila dibutuhkan untuk nilai angka kredit dan majalah bisa dikirim ke penulis.

Demikian resume belajar online lewat WA Jam 19.00 s.d 21.00
Hari Selasa, 14 April 2020

Puji Lestari H
Purbalingga, Jawa Tengah.

1 komentar:

  1. https://wijayalabs.wordpress.com/2020/04/14/menulis-artikel-di-majalah-suara-guru-pb-pgri/

    BalasHapus

RESUME TUGAS MENULIS ONLINE MOTIVASI MENULIS BUKU Kamis, 7 Mei 2020 Kita harus memotivasi diri untuk menjadi guru penulis. g...